Improving Students’ Writing Skill of Hortatory Exposition Text through Note Taking from Reading Similar Texts at Grade XI IA academic Year 2010/2011 of SMAN 1 Baso, Agam.

Zuriani, Sri Ika (2011) Improving Students’ Writing Skill of Hortatory Exposition Text through Note Taking from Reading Similar Texts at Grade XI IA academic Year 2010/2011 of SMAN 1 Baso, Agam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_SRI_IKA_ZURIANI_51990_3503_2012.pdf] Text
final_2_SRI_IKA_ZURIANI_51990_3503_2012.pdf - Published Version

Download (289kB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis dikelas XI pada SMAN 1 Baso. Hal ini dibuktikan dari rendahnya hasil menulis siswa pada ujian semester 1 tahun ajaran 2010/2011 . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Note Taking from Reading Similar Texts dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks Hortatory Exposition dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi perubahan pada proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 12 kali pertemuan dari 3 siklus. Masing-masing siklus dilakukan selama 4 kali pertemuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa. Peneliti mengumpulkan 2 jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif didapatkan dari hasil tugas siswa selama proses pembelajaran dan hasil tes siswa yang dilaksanakan diakhir siklus. Sementara data kualitatif didapatkan dari lembaran observasi, wawancara dengan siswa dan catatan lapangan yang dilakukan selama proses pembelajaran Note Taking from Similar Texts oleh peneliti sendiri dan kolaborator. Berdasarkan hasil tugas-tugas siswa dan hasil tes siswa yang telah dicapai dari siklus 1 ke siklus 3 ada peningkatan pada kemampuan siswa dalam menulis teks Hortatory Exposition dengan menggunakan teknik Note Taking from Similar Texts. Peneliti juga menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan dalam proses pembelajaran, seperti pendekatan guru, materi, fasilitas, motivasi, minat siswa, dan media yang digunakan. Berdasarkan peningkatan prestasi siswa dari siklus 1 ke siklus 3 serta faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan selama proses pembelajaran dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks Hortatory Exposition.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Improving Students’ Writing Skill of Hortatory Exposition Text through Note Taking from Reading Similar
Subjects: L Education > LA History of education
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 22:26
Last Modified: 21 Dec 2025 22:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33851

Actions (login required)

View Item
View Item