Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang

Mulia, Utari Oriyenti (2015) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_UTARI_ORIYENTA_MULIA_1101224_3308_2015.pdf] Text
final_B1_1_UTARI_ORIYENTA_MULIA_1101224_3308_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika diharapkan dapat dicapai dan dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Ini dikarenakan jika siswa tidak pemahaman konsep yang baik, maka sulit bagi mereka untuk mengembangkan kemampuan matematika yang lainnya. Namun kenyataanya pemahaman konsep siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah proses pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Siswa belum mampu untuk terlibat secara aktif dalam membangun pengetahuan. Mereka cenderung menghafal rumus rumus yang diberikan guru tanpa mengetahui makna yang terkandung di dalamnya. Akibatnya pembelajaran menjadi kurang bermakna bagi siswa sehingga mereka sulit memahami dan mengingat konsep. Mengingat pentingnya pemahaman konsep tersebut, dilakukan penelitian di kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Strategi ini merupakan kegiatan untuk meninjau kembali pemahaman konsep siswa yang disajikan dalam bentuk permainan sehingga siswa akan terlibat secara aktif dan proses pembelajaran menjadi tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015 kecuali kelas VIII.1 dan VIII.5. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sehingga yang menjadi sampel adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep siswa dengan uji statistik parametrik yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match lebih baik daripada siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Matematika , pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 18:15
Last Modified: 21 Dec 2025 18:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33844

Actions (login required)

View Item
View Item