Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif MURDER terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung

Puri, Wiranti Hadista (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif MURDER terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_WIRANTI_HADISTA_PURI_18029178_976_2023.pdf] Text
final_B1_1_WIRANTI_HADISTA_PURI_18029178_976_2023.pdf

Download (15MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun kenyataannya pemahaman konsep matematis peserta didik SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung masih rendah. Ini terlihat dari hasil penilaian harian peserta didik yang belum mencapai pemenuhan indikator pemahaman konsep matematis. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif MURDER. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kolaboratif MURDER lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas IX SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung tahun pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, terpilih kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis berbentuk soal essay. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh Pvalue = 0,000 < (� = 0,05), yang artinya tolak H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kolaboratif MURDER lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas IX SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kolaboratif MURDER, Non Equivalent Post Test Only Control Group Design, Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Konvensional
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 18:07
Last Modified: 21 Dec 2025 18:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33838

Actions (login required)

View Item
View Item