Hubungan Keterampilan Menyimak Pantun dengan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman

Novalina, Wira (2014) Hubungan Keterampilan Menyimak Pantun dengan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_WIRA_ NOVALINA_12009_1240_2014.pdf] Text
final_B1_1_WIRA_ NOVALINA_12009_1240_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan keterampilan menyimak pantun siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman, mendeskripsikan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman, mendeskripsiskan hubungan keterampilan menyimak pantun dan keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Teori dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis pantun. Kedua, keterampilan menyimak pantun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menyimak pantun dan tes unjuk kerja untuk mengumpulkan data keterampilan menulis pantun. Data keterampilan menyimak pantun dihubungkan dengan data keterampilan menulis pantun dengan menggunakan rumus korelasi dan dilanjutkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk melihat ada tidaknya hubungan yang terjadi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal. Pertama, keterampilan menyimak pantun siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariman berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 68,43. Kedua, keterampilan menulis pantun kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 67,90. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan terhadap keterampilan menyimak pantun dan menulis pantun siswa SMP Negeri 3 Pariaman. Hubungan antara keterampilan menyimak pantun dengan keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman adalah 0,62 dengan thitung > ttabel (2,26> 2,02). Hal ini berarti terdapat hubungan positif antara keterampilan menyimak pantun dengan menulis pantun, dan besarnya hubungan kedua variabel tersebut adalah 0,62. Dengan demikian, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan menyimak pantun dan keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis pantun
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 16:28
Last Modified: 21 Dec 2025 16:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33829

Actions (login required)

View Item
View Item