Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Formulate Share-Listen-Create (FSLC) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang

Wahyudi, Wahyudi (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Formulate Share-Listen-Create (FSLC) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_WAHYUDI_14029104_3627_2019.pdf] Text
final_B1_1_WAHYUDI_14029104_3627_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap siswa dalam belajar matematika. Namun, dari hasil observasi yang diperoleh kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang masih rendah. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran masih terpusat pada guru, sehingga siswa cenderung lebih pasif dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu melaksanakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa, salah satunya yaitu model kooperatif tipe FSLC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model kooperatif tipe FSLC lebih baik daripada siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional dikelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, terpilih kelas VIII.4 sebagi kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagi kelas kontrol. Data kemampuan komunikasi matematis dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan komunikasi matematis, rata- rata yang diperoleh peseta didik kelas eksperimen yaitu 70,4 dan rata-rata yang diperoleh siswa kelas kontrol adalah 61,3. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pada tarafnyata diperoleh P-value = 0,019< atau tolak , maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peseta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional dikelas VIII SMP Negeri 20 Padang, sehingga dapat dikatakan bahwa model kooperatif tipe FSLC berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Matematika , pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 16:19
Last Modified: 21 Dec 2025 16:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33828

Actions (login required)

View Item
View Item