Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015

Jufri, Windry Novalia (2015) Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_WINDRY_NOVALIA_JUFRI_1101236_2034_2015.pdf] Text
final_B1_1_WINDRY_NOVALIA_JUFRI_1101236_2034_2015.pdf

Download (559kB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 13 Padang masih rendah. Hal ini terlihat pada proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru serta nilai pre-test yang masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah dengan menerapkan Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep yang menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 13 Padang tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi-experimental. Populasii dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang sebanyak 170 orang, kecuali kelas VIII 1 dan VIII 5 karena kelas unggul. Rancangan penelitian adalah Randomized Control Group Design. Setelah melakukan langkah-langkah pengambilan sampel, maka terpilih kelas VIII 8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan adalah berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas yang diterapkan model PBL lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep di kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 15:30
Last Modified: 21 Dec 2025 15:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33821

Actions (login required)

View Item
View Item