Oktaviani, Vivi (2014) Pengaruh Penggunaan Teknik Tiru Model terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_VIVI_OKTAVIANI_54473_2760_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik tiru model terhadap hasil belajar keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis puisi. Kedua, teknik tiru model.Ketiga, penerapan teknik tiru model dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelititan ini adalah eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung yang terdaftar 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalahketerampilan menulis puisi dengan sesudah menggunakan teknik tiru model dan sebelum menggunakan teknik tiru model. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis puisidengan menggunakan teknik tiru model siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung dan skor tes keterampilan menulis puisi sebelum menggunakan teknik tiru modelsiswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Keterampilan menulis puisi dengan menggunakan teknik tiru model dan sebelum menggunakan teknik tiru model dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu menulis puisi. Hasil penelitian ini ada tiga, yakni sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis puisi sebelum menggunakan teknik tiru model siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan rata-rata 55,74. Kedua, keterampilan menulis puisi dengan menggunakan teknik tiru model siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 82,22. Ketiga, berdasarkan uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2-2 karena thitung > ttabel (3,64>1,67). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung sesudah menggunakan teknik tiru model(rata-rata 82,22) lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik tiru model (rata-rata 55,74). i
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | menulis puisi, teknik tiru model, penerapan teknik tiru model dalam pembelajaran |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 17:55 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 17:55 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33803 |
