Rahmadani, Winda (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2012/2013. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_WINDA_RAHMADANI_12519_5417_2013.pdf
Download (616kB)
Abstract
Proses pembelajaran yang dilaksanakan belum maksimal dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournamen (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi belajar matematika siswa setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada sebelum diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, dan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan kuasi eksperimen dengan rancangan penelitiannya One Group Pretest Posttest Design dan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 2 Bukittinggi pada tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan X10 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis angket motivasi belajar siswa diperoleh thitung=2,402 > 2,04=ttabel. Disimpulkan bahwa motivasi siswa setelah belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TGT .Berdasarkan analisis data penelitian diketahui rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 78,13 dengan persentase jumlah siswa yang tuntas 73,3% sedangkan pada kelas kontrol adalah 63,7 dengan persentase jumlah siswa yang tuntas 39,3%. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh nilai thitung = 3,53 > 2,000 = ttabel. Disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 17:55 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 17:55 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33802 |
