Laras Bahasa Dagang dalam Teks Papan Nama Usaha di Pasar Lubuk Alung, Padang Pariaman

Handira, Silpia Ayu (2012) Laras Bahasa Dagang dalam Teks Papan Nama Usaha di Pasar Lubuk Alung, Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SILPIA_AYU_HANDIRA_86377_1280_2012.pdf] Text
final_B1_1_SILPIA_AYU_HANDIRA_86377_1280_2012.pdf

Download (848kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan laras bahasa dagang dalam teks papan nama usaha di Pasar Lubuk Alung, Padang Pariaman dari segi (1) penggunaan kata, istilah, dan frase dalam teks papan nama usaha, dan (2) struktur frase dalam teks papan nama usaha. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Pasar Lubuk Alung, Padang Pariaman, pada bulan Oktober sampai dengan November 2011. Objek dan sumber data penelitian ini adalah bahasa yang digunakan dalam teks papan nama usaha toko penjahitan pakaian, toko emas, toko pakaian, toko kosmetik, toko sepatu, toko kain/tekstil, toko bangunan, toko obat, toko perlengkapan pertanian, dan rumah makan. Pengumpulan data dilakukan melalui obsevasi di lapangan terhadap beberapa teks papan nama usaha dengan cara memfoto dan mencatat nama usaha pada teks papan nama usaha yang ada di Pasar Lubuk Alung, Padang Pariaman. Penganalisisan data dilakukan dengan langkah (1) mengidentifikasi penggunaan kata, istilah, dan frase serta stuktur frase, (2) mengklasifikasikan teks dalam papan nama usaha berdasarkan penggunaan kata, istilah Indonesia, Indonesia dan daerah, Indonesia dan asing, atau campuran ketiganya serta struktur frase berdasarkan urutan diterangkan-menerangkan (D-M) dan menerangkan diterangkan (M-D), (3) menginterpretasikan bahasa yang terdapat dalam teks papan nama usaha, dan (4) merumuskan simpulan penelitiaan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, kecenderungan utama laras bahasa dagang dalam teks papan nama usaha di Pasar Lubuk Alung, Padang Pariaman dari segi pengguaan kata, istilah, dan frase lebih banyak menggunakan kata, istilah, dan frase Indonesia sebanyak 64 buah atau 59,81% dari 107 buah teks papan nama usaha, sedangkan teks papan nama usaha yang menggunakan kata, istilah, dan frase Indonesia dan asing sebanyak 34 buah atau 31,77% dari 107 buah teks papan nama usaha serta Indonesia dan daerah sebanyak 9 buah atau 8,41% dari 107 buah teks papan nama usaha. Kedua dari segi struktur frase yang digunakan dalam teks papan nama usaha yang menggunakan struktur frase diterangkan-menerangkan (D-M) sebanyak 60 buah atau 56,07% dari 107 buah teks papan nama usaha, sedangkan teks papan nama usaha yang menggunakan struktur frase menerangkan diterangkan (M-D) sebanyak 47 buah atau 43,92% dari 107 buah teks papan nama usaha. Dari temuan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa teks papan nama usaha di Pasar Lubuk Alung, Padang Pariaman lebih cenderung menggunakan kata, istilah, dan frase Indonesia. Struktur frase yang digunakan lebih cendrung menggunakan struktur frase diterangkan-menerangkan (D-M).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 11 Dec 2025 05:00
Last Modified: 11 Dec 2025 05:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33799

Actions (login required)

View Item
View Item