Novita, Winda (2014) Pengaruh Strategi Purpose, Overview, Interpretet, Note, Test (POINT) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_WINDA_NOVITA_54478_4650_2014.pdf
Download (588kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP sesudah menggunakan strategi Purpose, Overview, Interpretet, Note, Test (POINT). Kedua, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP sebelum menggunakan strategi Purpose, Overview, Interpretet, Note, Test (POINT). Ketiga, menganalisis pengaruh strategi Purpose, Overview, Interpretet, Note, Test (POINT) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 214 orang dan sampel berjumlah 35 orang yang diambil menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah The One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini terdiri dua variabel. Pertama, variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan Strategi Purpose, Overview, Interpretet, Note, Test (POINT). Kedua, variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil dari keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP sebelum menggunakan Strategi Purpose, Overview, Interpretet, Note, Test (POINT) dan sesudah menggunakan Strategi Purpose, Overview, Interpretet, Note, Test (POINT). Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIIIE SMP Pembangunan Laboratorium UNP sesudah menggunakan POINT berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata sebesar 78,3. Kedua, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIIIE SMP Pembangunan Laboratorium UNP sebelum menggunakan POINT berada pada kualifikasi hampir cukup (HC) dengan nilai rata-rata sebesar 55,4. Ketiga, Pengaruh yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman sesudah menggunakan POINT dan sebelum menggunakan POINT karena thitung > ttabel (10,70 > 1,70). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa strategi POINT memberikan pengaruh terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas VIIIE SMP Pembangunan Laboratorium UNP, serta strategi POINT dapat diterapkan dalam proses pembelajaran yang berhubungan dengan keterampilan membaca pemahaman pada sebuah wacana atau bacaan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Purpose, Overview, Interpretet, Note |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 17:50 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 17:50 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33798 |
