Tindak Tutur Ekspresi Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMPN 18 Padang

Yulia, Silta (2022) Tindak Tutur Ekspresi Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMPN 18 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SILTA_YULIA_18016185_3064_2022.pdf] Text
final_B1_1_SILTA_YULIA_18016185_3064_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan apa saja bentuk
tindak tutur ekspresif yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia dalam proses
belajar mengajar di kelas VII SMPN 18 Padang. Kedua, mendeskripsikan apa saja
strategi bertutur guru bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar di kelas VII
SMPN 18 Padang. Jenis penelitian ini Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa
kalimat-kalimat bentuk dan strategi tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia
kelas VII SMPN 18 Padang dalam proses belajar mengajar. Sumber data
penelitian ini adalah seluruh tuturan salah seorang guru bahasa Indonesia saat
proses belajar mengajar dari awal sampai akhir pembelajaran. Data tersebut
berupa rekaman yang akan ditranskripsikan ke dalam bentuk tulisan. Subjek
penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar di kelas
VII SMPN 18 Padang. Instrumen penelitian ini adalah penulis sendiri. Penelitian
ini menggunakan alat bantu dalam pelaksanaannya berupa alat perekam
(handphone) alat tulis, dan lembar pengamatan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan penulis adalah observasi partisipasi pasif. Teknik pengabsahan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik traingulasi.
Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, bentuk tindak tutur ekspresif guru
dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMPN 18 Padang ada empat, (1)
tindak tutur ekspresif mengkritik, (2) tindak tutur ekspresif memuji, (3) tindak
tutur ekspresif menyalahkan, dan (4) tindak tutur ekspresif meminta maaf. Strategi
bertutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMPN 18
Padang ada empat, (1) strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, (2) strategi
bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, (3) strategi bertutur
terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif, dan (4) strategi bertutur
samar-samar.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat empat bentuk
tindak tutur ekspresif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMPN
18 Padang, dan juga terdapat empat strategi bertutur guru dalam pembelajaran
bahasa Indonesia kelas VII SMPN 18 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 08:06
Last Modified: 24 Dec 2025 08:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33796

Actions (login required)

View Item
View Item