Korelasi Keterampilan Memahami Teks Anekdot dengan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang

Marisa, Winda (2018) Korelasi Keterampilan Memahami Teks Anekdot dengan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_WINDA_MARISA_14016077_4574_2018.pdf] Text
final_B1_1_WINDA_MARISA_14016077_4574_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan memahami teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang. Ketiga, menganalisis korelasi antara keterampilan memahami teks anekdot dengan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 207 siswa yang dibagi dalam enam kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks anekdot dan tes objektif keterampilan memahami teks anekdot. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh tiga hal berikut. Pertama, Keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang berada pada kualifikasi baik (B). Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung tes menulis teks anekdot sebesar 82,29.Kedua, keterampilan memahami teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS). Hal ini disimpulkan berdasarkan rata-rata hitung sebesar 87,50. Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan memahami teks anekdot dengan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) =n-1 karena thitung > ttabel yaitu 2,478>1,68. Berdasarkan hasil penenelitian, disimpulkan bahwa keterampilan memahami teks anekdot berkorelasi dengan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang. Dengan kata lain, hipotesis kerja Terdapat korelasi keterampilan memahami teks anekdot dengan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang diterima. Namun, pada bagian isi belum terlihat hubungan yang positif karena meskipun tingkat pemahamannya tinggi, siswa masih kurang mampu mengaplikasikan ke dalam bentuk tulisan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Memahami teks anekdot
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 17:07
Last Modified: 21 Dec 2025 17:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33791

Actions (login required)

View Item
View Item