Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas X SMA Don Bosco Padang Tahun 2012/2013

Niscaya, Resi (2013) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas X SMA Don Bosco Padang Tahun 2012/2013. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RESI_NISCAYA_01753_1889_2013.pdf] Text
final_B1_1_RESI_NISCAYA_01753_1889_2013.pdf

Download (569kB)

Abstract

Kemampuan penalaran Matematika siswa kelas X SMA Don Bosco Padang belum berkembang secara maksimal. Salah satu upaya yang diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Rumusan masalah penelitian ini adalah 1)Bagaimana aktivitas siswa Kelas X SMA Don Bosco Padang selama menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share? 2)Apakah peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share lebih baik daripada peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa yang tidak menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share pada kelas X SMA Don Bosco Padang? Penelit ian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dan penelitian quasi eksperimen. Penelitian deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dan penelitian quasi eksperimen digunakan untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran siswa. Rancangan penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas yang merupakan populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas kelas X.1 – X.8 SMA Don Bosco Padang tahun pelajaran 2012/2013. Pemilihan kelas sampel dilakukan dengan random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas X.2 dan kelas kontrol adalah kelas X.3. Instrumen yang digunakan ialah lembar observasi aktivitas siswa dan tes kemampuan penalaran matematika. Berdasarkan analisis terhadap aktivitas siswa diketahui bahwa aktivitas siswa yang menerapkan model pembelajaran TPS cenderung meningkat pada setiap pertemuan. Berdasarkan analisis terhadap rata-rata normal gain kemampuan penalaran siswa diketahui bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran TPS lebih baik jika dibandingkan dengan peningkatan kemampuan penalaran siswa yang tidak menerapkan model pembelajaran TPS

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE, KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 07:58
Last Modified: 24 Dec 2025 07:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33789

Actions (login required)

View Item
View Item