Efidri, Winda (2014) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_WINDA_ EFIDRI_54482_2685_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu keterampilan menulis berita dan strategi pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif analitis. Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan praeksperimental dengan bentuk rancangan prates dan pascates. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu keterampilan menulis berita siswa sebelum menggunakan strategi pembelajaran inkuiri sebagai variabel pertama (X1) dan keterampilan menulis berita siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri sebagai variabel kedua (X2). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling karena sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini hanya terdiri atas satu kelompok subjek. Data dalam penelitian ini adalah skor yang diperoleh siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang dari hasil tes keterampilan menulis berita sebelum menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan setelah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi. Hasil penelitian ini yaitu, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = n–1 karena thitung > ttabel (10,22 >1,70). Dengan demikian, disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran inkuiri mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang setelah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih baik dari pada sebelum menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Hal ini terjadi dikarenakan penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dapat membantu siswa berpikir kritis serta siswa dapat menemukan sendiri permasalahan-permasalahan yang akan ditulis menjadi berita berdasarkan fakta yang mereka temukan disekelilingnya. Hal tersebut juga terbukti dalam pelaksanaan pembelajaran yang menunjukan suasana yang menyenangkan, tidak monoton, dan siswa aktif dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi, pembelajaran, inkuiri |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 17:17 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 19:53 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33771 |
