Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014

Novitasari, Wina (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_WINA_NOVITASARI_54830_2795_2014.pdf] Text
final_B1_1_WINA_NOVITASARI_54830_2795_2014.pdf

Download (928kB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika siswa akan lebih baik apabila guru menyediakan pembelajaran yang dapat mengembangkan pemahaman konsep siswa. Namun, pembelajaran matematika yang terjadi pada kelas X SMA Negeri 15 Padang belum dapat mengembangkan pemahaman konsep matematika siswa secara optimal. Salah satu solusi untuk mengatasi hal ini adalah menerapakan model pembelajaran learning cycle. Tujuan penelitian ini untuk melihat perkembangan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014 selama diterapkan model pembelajaran learning cycle dan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran learning cycle lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan kuasi eksperimen dengan rancangan penelitiannya adalah Static Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling, kelas X.9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.8 sebagai kelas kontrol. Data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dari kuis dan tes akhir. Berdasarkan analisis terhadap jawaban kuis siswa diperoleh bahwa pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan selama diterapkan model pembelajaran learning cycle. Hasil analisis uji-t dengan software Minitab, diperoleh P-value = 0,019 dengan α = 0,05. Karena P-value < , maka Ho ditolak, berarti pemahaman konsep matematika siswa dengan model pembelajaran learning cycle lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 16:09
Last Modified: 21 Dec 2025 17:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33764

Actions (login required)

View Item
View Item