Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 22 Padang

Pinta, Pegi Desvika Darma (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_PEGI_DESVIKA_DARMA_ PINTA_5029015_3176_2019.pdf] Text
final_B1_1_PEGI_DESVIKA_DARMA_ PINTA_5029015_3176_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran
matematika yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun kegiatan pembelajaran di
sekolah belum optimal memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan
pemahaman konsep matematis. Salah satu upaya mengatasi masalah tersebut adalah
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two. Tujuan penelitian
ini untuk mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang
belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two
lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran
langsung dan mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis
peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe the power of
two.
Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian
Static Group Design. Populasinya adalah seluruh peserta didik Kelas VII SMP
Negeri 22 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan
teknik random sampling. Kelas VII.1 terpilih sebagai kelas eksperimen, kelas
VII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu soal kuis yang
mengukur pemahaman konsep matematis peserta didik yang diadakan setiap
pertemuan dan tes pemahaman konsep matematis.
Berdasarkan hasil penelitian, nilai kuis 6 pertemuan mengalami kenaikan
kecuali pada kuis ke-5, disimpulkan bahwa perkembangan pemahaman konsep
matematis peserta didik selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe the
power of two mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan
uji-t diperoleh P-value = 0, disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis
peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the
power of two lebih baik daripada pemahaman konsep peserta didik yang belajar
dengan pembelajaran langsung di kelas VII SMP Negeri 22 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 07:46
Last Modified: 24 Dec 2025 07:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33760

Actions (login required)

View Item
View Item