Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Batusangkar Tahun Pelajaran 2014/2015

Samsidar, Samsidar (2015) Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Batusangkar Tahun Pelajaran 2014/2015. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SAMSIDAR_54829_2067_2015.pdf] Text
final_B1_1_SAMSIDAR_54829_2067_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XII IPA SMA
Negeri 2 Batusangkar belum berkembang secara optimal. Hal ini disebabkan
karena pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa belum aktif saat
pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa selama diterapkan strategi pembelajaran
think talk write dan membandingkan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran think talk write
dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan gabungan penelitian kuasi eksperimen dengan
rancangan Static Group Design dan penelitian deskriptif. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Batusangkar yang bukan kelas
unggul pada Tahun Pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik random sampling sehingga terpilih siswa kelas XII IPA 1 sebagai kelas
eksperimen dan siswa XII IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini
adalah kuis dan tes akhir. Kuis dianalisis secara deskriptif, sedangkan hasil tes
akhir dianalisis dengan menggunakan uji statistik non parametrik, yaitu uji Mann
Withney U.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa mengalami perkembangan selama diterapkan strategi
pembelajaran think talk write. Peningkatan tersebut ditunjukkan dalam indikator
memahami masalah, merencanakan penyelesaian dan menyelesaikan masalah
sesuai rencana. Hasil kuis mengalami peningkatan rata-rata skor untuk ketiga
indikator tersebut dan rata-rata hasil tes akhir pada kelas eksperimen lebih baik
daripada kelas kontrol. Hasil analisis uji-U, diperoleh P-value = 0,0033. Ini berarti
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan strategi pembelajaran
think talk write lebih baik daripada pemecahan masalah matematika siswa dengan
pembelajaran konvensional α = 0,05

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 24 Dec 2025 07:39
Last Modified: 24 Dec 2025 07:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33759

Actions (login required)

View Item
View Item