Rahmah, Salsabilla (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_SALSABILLA_RAHMAH_15029113_840_2020.pdf
Download (5MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki
oleh peserta didik. Namun kenyataannya pemahaman konsep matematis peserta
didik kelas XI IPA SMA Adabiah Padang masih lemah dan pembelajaran yang
masih berpusat pada pendidik. Selain itu,aktivitas belajar peserta didik tidak
tampak dalam proses pembelajaran. Solusi yang diterapkan adalah model
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) yang
dapat membuat peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian
adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis peserta didik
kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik
daripada kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung
Jenis penelitian adalah deskriptif dan kuasi eksperimen dengan rancangan
penelitian Randomized Control-Group Only Design. Populasi penelitian adalah
peserta didik kelas XI IPA SMA Adabiah Padang tahun ajaran 2019/2020.
Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik penarikan sampel secara acak
sederhana yaitu menggunakan sistem undian. Dari hasil pengundian, terambil
kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen belajar dengan model pemebelajaran
STAD dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrolbelajar dengan menggunakan
pembelajaran langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes
pemahaman konsep matematis yang dianalisis dengan uji t.
Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada taraf
nyata = 0,05 diperoleh p-value = 0,007. Karena p-value , maka tolak .. Jadi dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh
terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik, dimana pemahaman konsep
matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran langsung pada kelas
XI IPA SMA Adabiah Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran STAD, pemahaman konsep matematis, pembelajaran kooperatif |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 08:19 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 08:19 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33753 |
