Perbandingan Model Pembelajaran Project Citizen dan Cooperative Script Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kedisiplinan Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran PPKn Pada Materi Norma Hukum Kelas VII di MTsN 1 Pasaman

Yanna, Nurul (2021) Perbandingan Model Pembelajaran Project Citizen dan Cooperative Script Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kedisiplinan Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran PPKn Pada Materi Norma Hukum Kelas VII di MTsN 1 Pasaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_NURUL_YANNA_1104073_6655_2013.pdf] Text
final_3_NURUL_YANNA_1104073_6655_2013.pdf

Download (906kB)

Abstract

Pemahaman konsep dan kedisiplinan peserta didik yang rendah dalam pembelajaran
PPKn menjadi latarbelakang peneltian. Kecenderungan guru mengunakan model
konvensional belum dapat mengembangkan pemahaman konsep pembelajaran salah satu
penyebabnya. Selain itu kedisiplinan peserta didik yang kurang selama pembelajaran dan
beraktifitas di kelas juga menjadi penyebab. Model adaptif yaitu pembelajaran Project
Citizen dan pembelajaran Cooperative Script. dapat mendorong peserta didik dan guru
melakukan pembelajaran yang efektif. Maka melalui penelitian ini dilihat bagaimana
perbandingan peningkatan pemahaman konsep dan kedisiplinan peserta didik di kelas VII.8
dan VII.9 dalam pembelajaran PPKn dengan menerapkan kedua model tersebut.
Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian dengan metode eksperimen kuasi
pretest-posttest control group design. Data penelitian dikumpulkan dengan mengunakan tes,
angket dan observasi lapangan dimana sampel diambil mengunakan mengunakan purposive
sampling. Data dianalisis mengunakan uji t-test dengan aplikasi SPSS.
Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil bahwa (1) Nilai rata-rata siswa
dengan model pembelajaran Project Citizen (80.26) lebih tinggi dibanding dengan model
pembelajaran Cooperative Script (75.13) (2) 9 siswa (23.07%) memiliki tingkat kedisiplinan
cukup pada model Project Citizen dan 12 siswa (30.76%) pada model Cooperative Script. (3)
Terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran
Project Citizen dan model pembelajaran Cooperative Script ( = 0.000) (4) Tidak terdapat
perbedaan yang signifikan kedisiplinan siswa dengan model pembelajaran Project Citizen dan
model pembelajaran Cooperative Script ( = 0.589).
Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Citizen lebih baik dalam
meningkatkan pemahaman siswa dibanding dengan model pembelajaran Cooperative Script,
namun dalam meningkatkan kedisiplinan siswa tidak terdapat perbedaan antara kedua model
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Dec 2025 07:48
Last Modified: 24 Dec 2025 07:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33745

Actions (login required)

View Item
View Item