Umar, Nurnel (2010) Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru Biologi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_NURNEL_UMAR_91645_3172.pdf
Download (133kB)
Abstract
Penilaian kinerja guru adalah penetapan baik atau kurang baiknya pekerjaan, atau
unjuk kerja yang sudah dilakukan oleh guru dalam menjalankan tugas sebagai seorang
guru. Untuk penilaian ini dibutuhkan alat yaitu instrumen penilaian kinerja guru, dari satu
sisi instumen yang ada masih bersifat umum artinya sama untuk semua mata pelajaran.
Oleh sebab itu perlu penyesuaian untuk masing masing mata pelajaran sesuai
karakteristik mata pelajaran dan aturan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan instrumen penilaian kinerja guru biologi yang valid , praktis, dan
reliabel.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Instrumen penilaian kinerja
guru biologi ini dikembangkan dengan menggunakan four- D-models yang terdiri dari
tahap pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop) dan tahap
penyebaran (disseminate). Tahap penyebaran ini tidak dilakukan. Tahap define terdiri
atas analisis kompetensi guru biologi, Permen No. 16, 20, dan N0. 41 Tahun 2007. Pada
tahap design dilakukan desain instrumen penilaian kinerja guru biologi. Pada tahap
develop dilakukan validasi oleh 3 orang pakar dan 3 orang teman sejawat serta uji coba
terbatas pada tiga sekolah yaitu SMA 1 Padang, SMA Adabiah, dan SMA Bunda Padang.
Data yang didapatkan dari penelitian ini adalah data validitas teoritik, validitas empirik,
reliabilitas dan hasil uji praktikalitas. Untuk mengetahui validitas instrumen secara
teoritik digunakan data dari validator. Sedangkan untuk validitas empirik, reliabel, dan
praktikalitas digunakan data dari hasil uji coba.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian kinerja guru biologi
sudah valid dari aspek konstruk, isi, lahir/tampang, prediktif, dan aspek bahasa serta
valid dari aspek empirik. Instrumen penilaian kinerja guru biologi yang dihasilkan juga
memiliki nilai baik dari aspek reliabilitas. Hasil uji praktikalitas menunjukkan instrumen
penilaian kinerja guru biologi sudah praktis dari segi: kemudahan penggunaan, waktu
yang diperlukan, kenyamanan dalam pengisian, dan ekonomis dalam penggandaannya.
Secara keseluruhan instrumen penilaian kinerja guru biologi yang dikembangkan sudah
valid secara teoritik maupun empirik, reliabel dan praktis.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 07:27 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 07:27 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33739 |
