Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Materi Suhu dan Kalor Terintegrasi Thermoregulasi pada Manusia Menggunakan Model Problem Based Learning

Nurmaliati, Nurmaliati (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Materi Suhu dan Kalor Terintegrasi Thermoregulasi pada Manusia Menggunakan Model Problem Based Learning. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_NURMALIATI_1204178_6160_2014.pdf] Text
final_3_NURMALIATI_1204178_6160_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Standar Isi dan Standar Proses Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran menjadi lebih scientific dan Integratif (dimulai dengan fenomena-fenomena). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran fisika SMA Materi Suhu dan Kalor terintegrasi Thermoregulasi pada manusia menggunakan model Problem Based Learning dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model MCKenny yang terdiri dari tahap Preliminary, Prototype Stage (produk awal) dan Assesment Stage (evaluasi). Hasil penelitian pada tahap Preliminary diperoleh KI 1, KI 2, KI 3 dan KI 4 dengan KD 1.1, KD 3.7, KD 4.1dan KD 4.6,analisis peserta didik diperoleh bahwa peserta didik berada pada tahap operasional formal dan mampu berpikir secara abstrak. Analisis materi diperoleh fakta, konsep, prinsip dan prosedur dari materi suhu dan kalor. Hasil penelitian pada tahap Prototype Stage diperoleh validasi perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, Handout, LKS, dan Penilaian) yang dirancang pada materi suhu dan kalor terintegrasi thermoregulasi pada manusia menggunakan model PBL adalah sangat valid dengan persentase rata-rata masingmasing sebesar: 88,9%, 91,1%, 89,1% ,89,4% dan penilaian pengetahuan 82,50%, penilaian sikap 81,50%, penilaian keterampilan 84,50%, diperoleh penilaian praktikalitas LKS dan Handout oleh peserta didik kelas XI IPA dengan persentase rata-rata 71,56 % yang berarti bahwa LKS dan handout yang di rancang adalah praktis serta pada tahap uji lapangan dilakukan 5 kali pertemuan di tambah dengan satu kali evaluasi. Tahap Prototype Stage diperoleh hasil uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP, angket respon guru, angket respon peserta didik dengan persentase rata-rata masing-masing sebesar: 94,2%, 91,6%, 80,9%, 80,9%, Selanjutnya hasil uji efektivitas pada penilaian pengetahuan dengan rata-rata 80,28 (B), penilaian sikap dengan rata-rata 76.80 (Baik), penilaian keterampilan peserta didik dengan rata-rata 83,62 (B) 91,89 dan angket respon peserta didik 80,09%. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran fisika SMA materi Suhu Dan Kalor terintegrasi thermoregulasi pada manusia menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan kriteria sangat valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Dec 2025 06:33
Last Modified: 24 Dec 2025 06:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33735

Actions (login required)

View Item
View Item