Nurmaini, Nurmaini (2014) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division pada Kelas X4 SMA N 6 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_NURMAINI_1209439_5625_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematika siswa kelas X4 SMA N 6 Padang masih rendah. Hal ini merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar matematika yang diperoleh siswa. Di samping itu siswa tidak tekun dan mudah menyerah saat belajar dan sering ragu-ragu dalam mengeluarkan pendapat. Ini menandakan siswa belum mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Untuk itu perlu adanya model pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika dan kepercayaan diri siswa. Salah satu upaya yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan kepercayaan diri siswa kelas X4 SMA N 6 Padang dengan mengunakan model Pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X4 SMA N 6 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan kepercayaan diri siswa kelas X4 SMA N 6 Padang dengan mengunakan model Pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil tes pemahaman konsep matematika pada siklus 1 sebesar 37, 50% dan siklus 2 sebesar 62,50%. Untuk kepercayaan diri siswa terjadi peningkatan kepercayaan diri siswa dari sebelum siklus ke siklus 1sebesar 59,38%. Dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 71,88 %, dari sebelum perlakuan ke siklus 2 sebesar 75%.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 06:14 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 06:14 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33731 |
