Damayanti, Yunni (2018) Peningkatan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Teks Drama dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas VIII.3 SMP Tri Bhakti Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_02_YUNNI_DAMAYANTI_59888_2272_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan siswa kelas VIII.3 SMP Tri Bhakti Pekanbaru dalam memahami unsur intrinsik teks drama. Hal itu disebabkan metode mengajar yang dilaksanakan oleh guru masih monoton sehingga siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk mengikuti materi pembelajaran drama. Bahan ajar apresiasi yang menggunakan naskah dan buku pendamping dari sekolah biasanya sulit dipahami dan membuat siswa jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan, hasil peningkatan, dan faktor-faktor penyebabnya terjadinya peningkatan memahami unsur intrinsik teks drama dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD Siswa Kelas VIII.3 SMP Tri Bhakti Pekanbaru. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dalam setiap siklus terdiri atas empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran kooperartif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami unsur intrinsik teks drama. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan hal-hal berikut ini. Pertama, adanya peningkatan minat dan motivasi belajar siswa dalam memahami unsur intrinsik teks drama menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dari awal siklus I sampai akhir siklus II. Kedua, kemampuan memahami unsur intrinsik teks drama siswa meningkat mulai dari nilai prasiklus dengan rata-rata 64 menjadi rata-rata 72.68 pada siklus I. Setelah itu, terjadi peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 88.82. Proses pembelajaran memahami unsur intrinsik teks drama dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD berhasil menciptakan proses pembelajaran lebih efektif. Ditambah lagi, dengan faktor- faktor yang menyebabkan meningkatnya kemampuan memahami unsur intrinsik teks drama adalah ketua tim kelompok membimbing teman sampai bisa memahami materi yang diajarkan. Setiap kelompok dapat berusaha tampil dengan baik dengan menggunakan bahasa yang jelas untuk tampil di depan kelas. Setiap kelompok bertanggung jawab terhadap kelompok masing masing agar bisa menjawab pertanyaan dari kelompok lain.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Unsur Intrinsik, Teks Drama, Pembelajaran Kooperatif |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 16:24 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 16:24 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33711 |
