Yoza, Mega Oktia (2014) Analisis Kecakapan Hidup Siswa Pada Pembelajaran Kimia di SMA Kelas XI Semester I. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_MEGA_OKTIA_YOZA_1204237_3368_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Salah satu upaya pembentukan karakter pada diri siswa pada pembelajaran kimia adalah dengan membekali siswa dengan kecakapan hidup. Pada proses pembelajaran, kecakapan hidup tersebut dapat dikembangkan oleh siswa, sehingga guru perlu mempertimbangkan kecakapan hidup yang akan dikembangkan pada setiap kompetensi dasar. Namun, kimia sebagai salah satu mata pelajaran di SMA selama ini diajarkan sebagai ilmu murni yang seolah-olah tidak ada muatan penanaman nilai/karakter. Dalam proses pembelajaran kimia terdapat muatan kerja ilmiah yang mengajarkan dan menanamkan sikap ilmiah, seperti jujur, teliti, kerjasama, dan sebagainya. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecakapan hidup siswa pada pembelajaran kimia dan mengungkapkan hubungan antar kecakapan hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 144 orang siswa orang siswa kelas XI di salah satu SMA Negeri di kota Padang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling yaitu membagi siswa menjadi 3 kelompok berdasarkan tingkat kecerdasannya (IQ). Data penelitian diambil dengan pedoman observasi, pedoman wawancara dan tes uji kecakapan hidup siswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk kecakapan personal siswa tergolong baik. Hal ini disebabkan karena pada aspek kesadaran diri dan pengelolaan stress, siswa berada pada kategori baik. Kecakapan sosial siswa tergolong sangat baik, karena siswa mampu mengelola emosi dengan sangat baik, mampu berkomunikasi dengan baik, memiliki hubungan interpersonal yang baik, dan memahami orang lain dengan sangat baik. Kecakapan akademik siswa tergolong cukup baik karena kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan siswa berada pada kategori cukup baik. Sedangkan hasil penelitian tentang hubungan antar kecakapan hidup menunjukkan bahwa a) tidak terdapat hubungan antara kecakapan personal siswa dengan kecakapan sosial siswa, b) tidak terdapat hubungan antara kecakapan personal siswa dengan kecakapan akademik siswa, dan c) tidak terdapat hubungan antara kecakapan sosial siswa dengan kecakapan akademik siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kecakapan hidup siswa; pembelajaran kimia; kecakapan personal sosial akademik; stratified random sampling; hubungan antar kecakapan hidup |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan Penerbitan |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 17:22 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 17:22 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33708 |
