Evalina, Media (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Instruction Pada Materi Dinamika Rotasi dan Dampaknya Terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik SMA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_MEDIA_EVALINA_19875_5958_2012.pdf
Download (326kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belum tersedianya perangkat belakangi pembelajaran yang sesuai dngan tuntutan KTSP dan karakteristik peserta didik, yaitu mampu mencipakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif efektif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dan menguji validitas, praktikalitas, dan efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan untuk mengetahui dampaknya terhadap kompetensi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Development Research) menggunakan rancangan model 4–D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu pendefenisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Dessimination). Pada tahap define menetapkan dan mendefenisikan syarat-syarat pembelajaran yaitu analisis kurikulum KTSP 2006 mata pelajaran fisika, analisis peserta didik dan analisis konsep. Tahap design menyiapkan perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, Modul, LKPD dan penilaian). Tahap development melakukan validitas perangkat pembelajaran. praktikalitas dan efektifitas perangkat pembelajaran. Hasil penelitian adalah perangkat pembelajaran fisika yang di uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan oleh pakar, praktisi dan peserta didik, menyatakan bahwa silabus, RPP, modul, LKPD dan penilaian dengan kategori sangat valid. Rata-rata angket kepraktisan perangkat pembelajaran oleh guru dan peserta didik dengan kategori produk yang dikembangkan sangat praktis. Rata rata angket keefektifan perangkat pembelajaran oleh guru dan peserta didik berkategori sangat efektif. Selain itu keefektifan suatu perangkat dapat dilihat dari aktivitas guru dan peserta didik . Data pengolahan penilaian peserta didik di kelas XI IPA 3 pada ranah kognitif 79.62, ranah afektif 85.35 dan ranah psikomotor 85.88. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif ketika digunakan dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kompetensi peserta didk.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran fisika; model 4-D; KTSP 2006; silabus dan RPP; modul dan LKPD; validitas perangkat; praktikalitas perangkat; efektivitas perangkat; aktivitas guru dan peserta didik; peningkatan kompetensi siswa |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Fisika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan Penerbitan |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 17:14 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 17:14 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33702 |
