Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Pada Implementasi Pendekatan Scientific di Kelas VII SMP

Sari, Mayang Intan (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Pada Implementasi Pendekatan Scientific di Kelas VII SMP. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_MAYANG_INTAN_SURI_14205029_3562_2016.pdf] Text
final_3_MAYANG_INTAN_SURI_14205029_3562_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesulitan dalam pembelajaran matematika terjadi karena siswa menganggap banyak rumus-rumus yang harus dihafal. Menghafal rumus saja belum menjamin siswa dapat memahami materi yang dipelajari, bahkan dengan menghafal akan membuat siswa pasif dan tidak terampil mengembangkan pola pikirnya. Salah satu model pembelajaran untuk membuat siswa tidak menghafal dan mengingat seperangkat fakta-fakta melainkan membuat siswa lebih aktif dan terampil dalam memperoleh konsep matematika adalah model pembelajaran discovery learning yang diimplementasikan pada pendekatan Scientific. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap penilaian. Pada tahap pendahuluan dilakukan analisis kebutuhan, analisi kurikulum dan analisis konsep. Sedangkan pada tahap pengembangan dilakukan perancangan dan penilaian perangkat pembelajaran melalui tahap-tahap evaluasi formatif untuk menentukan kevalidan, dan kepraktisan produk berupa perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning pada implementasi pendekatan Scientific. Pada tahap penilaian dilakukan uji praktikalitas dan uji efektifitas. Keefektifan dilihat berdasarkan perubahan yang terjadi selama proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning pada implementasi pendekatan Scientific dalam hal ini dapat dilihat dari hasil tes akhir belajar siswa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes akhir. Data yang terkumpul dianalisis untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran dengan karakteristik berbasis discovery learning pada implementasi pendekatan Scientific yang valid. Perangkat pembelajaran juga praktis berdasarkan hasil analisis terhadap angket respon guru, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Selain itu penggunaan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning pada implementasi pendekatan Scientific telah dinyatakan efektif berdasarkan proses pembelajaran yang membaik dan perolehan hasil belajar dengan 73,53% siswa yang tuntas.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran matematika; discovery learning; pendekatan scientific; kevalidan dan kepraktisan; efektivitas hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Perpustakaan Penerbitan
Date Deposited: 21 Dec 2025 17:12
Last Modified: 21 Dec 2025 17:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33699

Actions (login required)

View Item
View Item