Ma'firah, Marla (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Guided Discovery Learning sebagai Content Learning System pada Materi Larutan Asam Basa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI SMA/MA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_MARLA_MA’FIRAH_20176009_6726_2022.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berdasarkan guided discovery learning materi asam-base untuk menjadi konten dasar pengembangan content learning system untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 11 SMA. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mode ADDIEl. Validitas diperoleh dengan rumus V Aiken dengan 0,85 untuk lembar kerja siswa dan sistem pembelajaran konten, yang valid. Nilai kepraktisan guru dan siswa diperoleh sebesar 85,53% dan 88,21%, menunjukkan kategori sangat praktis. Kemudian skor N-Gain yang diperoleh adalah 62,14 pada kelas eksperimen dan 54,68% pada kelas kontrol. Dari uji-t diperoleh nilai t sebesar 2,69, nilainya lebih tinggi dari nilai tabel t, dan hipotesis 1 diterima. Sehingga, content learning system telah valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | asam-basa, guided discovery learning, content learning system, lembar kerja siswa |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan Penerbitan |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 17:09 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 17:09 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33697 |
