Pengembangan LKPD Berbasis Guided Discovery Learning sebagai Content Learning System pada Materi Larutan Asam Basa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI SMA/MA

Ma'firah, Marla (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Guided Discovery Learning sebagai Content Learning System pada Materi Larutan Asam Basa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI SMA/MA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_MARLA_MA’FIRAH_20176009_6726_2022.pdf] Text
final_3_MARLA_MA’FIRAH_20176009_6726_2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berdasarkan guided discovery learning materi asam-base untuk menjadi konten dasar pengembangan content learning system untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 11 SMA. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mode ADDIEl. Validitas diperoleh dengan rumus V Aiken dengan 0,85 untuk lembar kerja siswa dan sistem pembelajaran konten, yang valid. Nilai kepraktisan guru dan siswa diperoleh sebesar 85,53% dan 88,21%, menunjukkan kategori sangat praktis. Kemudian skor N-Gain yang diperoleh adalah 62,14 pada kelas eksperimen dan 54,68% pada kelas kontrol. Dari uji-t diperoleh nilai t sebesar 2,69, nilainya lebih tinggi dari nilai tabel t, dan hipotesis 1 diterima. Sehingga, content learning system telah valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: asam-basa, guided discovery learning, content learning system, lembar kerja siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Perpustakaan Penerbitan
Date Deposited: 21 Dec 2025 17:09
Last Modified: 21 Dec 2025 17:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33697

Actions (login required)

View Item
View Item