Siska, Maria Para (2013) Pengaruh Pendekatan Reciprocal Teaching terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_MARIA_PARA_SISKA_1104056_4129_2013.pdf
Download (686kB)
Abstract
Rendahnya pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa di SMPN 4 Sutera menjadi alasan untuk melakukan penelitian ini. Pembelajaran masih didominasi oleh guru, sehingga, siswa cenderung pasif dan kegiatan pembelajaran jadi kurang bermakna serta kurang bervariasi. Selain itu, kurangnya penguasaan materi prasyarat juga merupakan salah satu faktor yang ikut mempengaruhi rendahnya pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Pendekatan Reciprocal Teaching. Jenis penelitian ini adalah Quasi Exspriment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Sutera Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan VII4 sebagai kelas kontrol di SMPN 4 Sutera. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan awal dan tes akhir berupa soal pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan ANAVA dua arah untuk interaksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh beberapa kesimpulan yaitu: pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional; pemahaman konsep siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah yang diajar dengan pendekatan Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah yang diajar dengan pembelajaran konvensional; kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah yang diajar dengan pendekatan Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah yang diajar dengan pembelajaran konvensional; tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal dalam mempengaruhi pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | pendekatan reciprocal teaching; pemahaman konsep matematis; kemampuan komunikasi matematis; pembelajaran matematika; quasi experiment |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan Penerbitan |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 16:54 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 16:54 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33695 |
