Meningkatkan Pengenalan Warna Primer melalui Bermain Harta Karun bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas D1/C di SLB Perwari Padang (Single Subject Research)

Salma, Hatifa (2016) Meningkatkan Pengenalan Warna Primer melalui Bermain Harta Karun bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas D1/C di SLB Perwari Padang (Single Subject Research). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_HATIFAH_SALMA_1100274_467_2017.pdf] Text
final_B1_02_HATIFAH_SALMA_1100274_467_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan, seorang anak tunagrahita ringan X kelas DI/C belum bisa mengenal warna. Setelah dilakukan asesmen ternyata anak belum mengenal warna, termasuk warna primer. Maka dari itu peneliti berupaya membantu anak untuk meningkatan kemampuan mengenal warna primer melalui bermain harta karun. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna primer bagi anak tunagrahita ringan X kelas DI/C di SLB Perwari Padang. Jenis penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain A-B. Kondisi A adalah baseline yakni kondisi awal kemampuan anak dalam mengenal warna primer sebelum diberikan tindakan. Kondisi B merupakan kondisi intervensi yang artinya anak diberikan perlakuan melalui bermain harta karun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal warna primer anak tunagrahita ringan X meningkat setelah diberikan intervensi melalui bermain harta karun. Kondisi baseline yang dilakukan selama lima kali pengamatan anak hanya memperoleh skor 1, pada kondisi intervensi yang dilakukan sebanyak 11 kali pengamatan kemampuan anak semakin meningkat yaitu anak bisa mengenal tiga warna primer dengan benar sehingga anak memperoleh skor tertinggi yaitu 9. Dengan demikian hipotesis yang diajukan sebelumnya dapat diterima, artinya kemampuan anak tunagrahita ringan X dapat meningkat melalui bermain harta karun. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan perbandingan untuk membantu anak yang mengalami hambatan dalam mengenal konsep warna.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak tunagrahita ringan, Mengenal warna primer
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 04:27
Last Modified: 21 Dec 2025 04:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33693

Actions (login required)

View Item
View Item