Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia SMA Kelas XII Berorientasi Konstruktivisme untuk Materi Sifat Koligatif Larutan

Mardianis, Mardianis (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia SMA Kelas XII Berorientasi Konstruktivisme untuk Materi Sifat Koligatif Larutan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_MARDIANIS_11019_2549_2013.pdf] Text
final_3_MARDIANIS_11019_2549_2013.pdf

Download (483kB)

Abstract

Salah satu tujuan mata pelajaran kimia yang tercantum dalam standar isi Standar Nasional Pendidikan adalah agar peserta didik dapat memperoleh pengalaman dalam menerapkan metode ilmiah melalui percobaan atau eksperimen. Karena fasilitas laboratorium yang kurang memadai mengakibatkan pembelajaran sifat koligatif larutan dilaksanakan tanpa praktikum dan pembelajaran berlangsung secara verbal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dikembangkan suatu perangkat pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk melakukan praktikum di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan tujuan tersebut, penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang dipakai adalah model 4-D (four-D model). Model 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Akan tetapi karena keterbatasan waktu dan biaya, penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap develop saja. Validasi oleh pakar digunakan untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Ujicoba dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran Data penelitian dikumpulkan melalui lembar validasi, lembar observasi, angket dan lembar tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan data dari lembar validasi diperoleh rata-rata validasi perangkat sebesar 84%. Angka ini menunjukkan perangkat yang dikembangkan tergolong valid. Dari data lembar observasi keterlaksanaan RPP dapat diketahui tingkat keterlaksanaan RPP sebesar 86,8%, angket respon guru sebesar 94,4% dan angket respon siswa sebesar 96,5%. Angka ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan tergolong praktis. Persentase ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran adalah sebesar 73,6%, dan aktivitas yang berhubungan dengan pembelajaran tergolong sering muncul. Berdasarkan analisis data hasil belajar dan observasi aktivitas siswa, perangkat pembelajaran yang dikembangkan tergolong efektif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kimia SMA untuk materi sifat koligatif larutan yang dikembangkan sudah valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: pengembangan perangkat pembelajaran; pendekatan konstruktivisme; sifat koligatif larutan; validitas praktikalitas efektivitas; pembelajaran kimia tingkat SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Perpustakaan Penerbitan
Date Deposited: 21 Dec 2025 16:28
Last Modified: 21 Dec 2025 16:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33689

Actions (login required)

View Item
View Item