Rahmi, Laila (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_02_LAILA_RAHMI_1106233_4674_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Hasil belajar merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Kenyataannya, hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang masih perlu ditingkatkan. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi yaitu siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran matematika. Alternatif yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe match mine. Proses pembelajaran dengan model ini membuat siswa mengembangkan ide dan gagasan matematika yang mereka miliki dan dapat mengomunikasikan serta mencocokkan ide tersebut bersama temannya, sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan dapat memahami materi dengan baik. Terkait dengan uraian tersebut, maka dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengungkap apakah hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe match mine lebih baik daripada hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan static group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Kelas VIII.6 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay yang telah valid dan reliabel. Data tes akhir hasil belajar matematika siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe match mine lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang. Ini berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe match mine berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar matematika, Model pembelajaran kooperatif tipe match mine |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 16:06 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 16:11 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33683 |
