Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berorientasi Pendekatan Computer Based Instruction pada Materi Fluida Kelas XI IPA

Opetri, Marda (2012) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berorientasi Pendekatan Computer Based Instruction pada Materi Fluida Kelas XI IPA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_MARDA_OPETRI_19872_5860_2012.pdf] Text
final_3_MARDA_OPETRI_19872_5860_2012.pdf

Download (652kB)

Abstract

Fisika merupakan mata pelajaran yang banyak menuntut pemahaman konsep, pada pembelajaran Fisika siswa banyak dihadapkan pada konsep-konsep yang bersifat abstrak. Untuk menyajikan konsep-konsep abstrak menjadi konkrit dan pembelajaran lebih bermakna, menarik serta mudah dipahami oleh siswa, salah satu caranya adalah menggunakan Media Pembelajaran Fisika Berorientasi Pendekatan Computer Based Instruction. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran fisika berorientasi pendekatan Computer Based Instruction pada materi fluida kelas XI IPA, dan mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Media pembelajaran fisika berorientasi pendekatan Computer Based Instruction ini dikembangkan dengan model 4-D. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi media pembelajaran fisika berorientasi pendekatan CBI oleh dosen dan guru, angket praktikalitas, angket efektifitas melalui kompetensi siswa. Media diuji coba terbatas di kelas XI IPA2 SMA Negeri 3 Solok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berorientasi pendekatan CBI sangat valid, praktis dan efektif. Nilai validasi media pembelajaran fisika berorientasi pendekatan CBI yang didapatkan sudah menunjukkan sangat valid, begitu juga dengan praktikalitas yang ditinjau dari angket praktikalitas untuk guru dan siswa sudah menunjukkan praktis. Media pembelajaran fisika berorientasi pendekatan CBI efektif, ini dapat dilihat dari penilaian ketiga ranah kompetensi yaitu kognitif, psikomotor dan afektif yang sudah menunjukkan ketuntasan, baik secara individu maupun klasikal. Kesimpulan penelitian adalah media pembelajaran fisika berorientasi pendekatan CBI pada materi fluida dinyatakan sangat valid, praktis , dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran fisika; Computer Based Instruction; materi fluida; validitas praktikalitas efektivitas; pengembangan media 4-D
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Fisika-S2
Depositing User: Perpustakaan Penerbitan
Date Deposited: 21 Dec 2025 16:51
Last Modified: 21 Dec 2025 16:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33682

Actions (login required)

View Item
View Item