Hubungan Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pemangkasan Rambut Mahasiswa D4 Prodi Tata Rias dan Kecantikan

Mardiyah, Laila (2016) Hubungan Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pemangkasan Rambut Mahasiswa D4 Prodi Tata Rias dan Kecantikan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_LAILA_MARDIYAH_6349_16764_2016.pdf] Text
final_B1_02_LAILA_MARDIYAH_6349_16764_2016.pdf

Download (805kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya disiplin belajar dalam perkuliahan pemangkasan rambut, di kuatkan dengan muculnya fenomena rendahnya motivasi belajar mahasiswa yang menyebabkan rendahnya kemampuan mahasiswa dalam melakukan pemangkasan rambut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan motivasi belajar dengan Disiplin Belajar pada mata kuliah pemangkasan rambut mahasiswa Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2013 Jurusan Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan yang telah mengikuti perkuliahan Pemangkasan Rambut berjumlah 51 orang, teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Teknik pengambilan data adalah menggunakan angket (kuesioner) dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas konstruknya menggunakan rumus Pearson Korelasi Product Moment dan reliabilitas dengan rumus Croncbach Alpha. Teknik analisis tingkat pencapaian responden dengan rumus persentase, uji persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan analisis koefisien korelasi menggunakan Pearson KorelasiProduct Moment dan dilanjutkan dengan uji t untuk analisis keberartian koefisien korelasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh skor rata-rata persentase Motivasi belajar 58.67% dengan kategori rendah, Disiplin Belajar berada pada persentase 54.75% dengan kategori rendah. Hasil analisis korelasi sebesar 0,615 dengan interprestasi korelasi yang kuat, sedangkan berdasarkan uji keberartian korelasi diperoleh harga t hitung > t tabel (3.613 > 2,011) yang berarti bahwa Ha yang berbunyi “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Mata KuliahPemangkasan Rambut Mahasiswa Jurusan Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan FPP UNP” diterima pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian di sarankan untuk melakukan upaya peningkatan hasil belajar melalui inovasi dalam pembelajaran dengan menggunakan media audio visual pemangkasan rambut dan mahasiswa di sarankan untuk meningkatkan motivasi dengan mencari informasi mengenai manfaat dalam belajar pemangkasan rambut.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Disiplin belajar, Pemangkasan rambut
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan-D4
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 15:48
Last Modified: 21 Dec 2025 15:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33679

Actions (login required)

View Item
View Item