Maharani, Dewi (2025) Hubungan antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Program Paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_4_DEWI_MAHARANI_20005004_571_2025.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar warga belajar Program Paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang, khususnya pada mata pelajaran matematika. Rendahnya hasil belajar diduga karena gaya belajar warga belajar yang kurang sesuai dengan metode pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar pada program paket B tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian yaitu seluruh warga belajar paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling, dengan jumlah sampel ditentukan berdasarkan proporsi tertentu dari keseluruhan warga belajar Paket B. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan persentase serta rumus rank order untuk menentukan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar pada program Paket B di PKBM Yayasan Anak Sholeh 85 Kota Padang yang dominan dimiliki oleh warga belajar yakni gaya belajar visual. Hasil belajar warga belajar mata pelajaran matematika masih tergolong rendah. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan adanya hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar dalam program tersebut. Disarankan agar lebih mengenal dan memahami gaya belajar dominan warga belajar untuk meningkatkan hasil belajar
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | gaya belajar, hasil belajar, program paket B |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 15:01 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 15:01 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33649 |
