Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 1 Bukit Sundi

Agusti, Khairi (2018) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 1 Bukit Sundi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_KHAIRI_AGUSTI_1305998_2157_2018.pdf] Text
final_B1_02_KHAIRI_AGUSTI_1305998_2157_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan, maka permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) metode pembelajaran yang masih digunakan adalah metode konvensional yang membuat siswa merasa bosan dan jenuh, 2) kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran Sejarah, 3) masih banyak hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah yang berada dibawah KKM. Rendahnya hasil belajar Sejarah siswa disebabkan karena selama proses pembelajaran siswa kurang aktif dan kurang semangat. Untuk itu, diperlukan suatu upaya yang dapat mendorong siswa belajar aktif, salah satunya berkaitan dengan metode pembelajaran. Pada penelitian ini, solusi yang digunakan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match. Model pembelajaran Make A Match merupakan model yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama aktif dengan temannya dalam memahami materi pembelajaran dengan cara menemukan pasangan kartu yang berupa pertanyaan dan jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap kemampuan siswa dalam memahami fakta sejarah. Kemampuan tersebut dilihat dari hasil belajar siswa yang berupa tes tertulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Data diperoleh dari hasil tes belajar siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Bukit Sundi. Populasi penelitian terdiri dari 4 kelas pemilihan sampel di ambil berdasarkan random kelompok dengan asumsi bahwa setiap kelompok memiliki kemampuan dan kebiasaan belajar Sejarah yang sama. Sampel tediri dari 2 kelas yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman fakta Sejarah, motode Make A Match
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 07:32
Last Modified: 21 Dec 2025 12:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33647

Actions (login required)

View Item
View Item