Pengaruh Media Maze angka terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 5-6 tahun di taman Kanak-kanak Hang Tuah Padang

Fauziah, Meisi Afne (2025) Pengaruh Media Maze angka terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 5-6 tahun di taman Kanak-kanak Hang Tuah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_MEISI_AFNE_FAUZIAH_20022162_1067_2025.pdf] Text
B1_7_MEISI_AFNE_FAUZIAH_20022162_1067_2025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan ini dilatarbelakangi sulitnya kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak. Hal ini sesuai dengan observasi sebelumnya yang telah dilakukan di taman kanak-kanak hang tuah padang ditemukan bahwa anak belum mampu mengenal lambang bilangan contohnya, ketika anak disuruh mengenal angka yang ada di papan tulis, tapi anak tersebut masih bingung membedakan angka seperti 5 dengan 6, contohnya ketika setiap guru masuk kelas dan minimnya ketersediaan media untuk mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media maze angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Hang Tuah Padang. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di Taman Kanak-kanak Hang Tuah Padang yang berjumlah 24 anak. Teknik penggunaan sampel menggunakan teknik sampling total dengan sampel kelas B1 dan B2 dengan jumlah keseluruhan 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26.0 For windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia dini dikelas eksperimen yang menggunakan media maze angka lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini didukung dengan hasil perhitungan rata-rata post-test kelas kontrol 18,7 dan kelas eskperimen 20,5. Berdasarkan uji indenpendent sample T test mendapat nilai sig 0,012<0,05 dan nilai sig (2 tailed), 0,064>0,05. Dapat disimpulkan hasil penelitian bahwa penggunaan media maze angka berpengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Maze Angka; Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan; Anak Usia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 14:35
Last Modified: 21 Dec 2025 14:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33640

Actions (login required)

View Item
View Item