Sabri, Alfi (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Peserta Didik Kelas IV SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_ALFI_SABRI_1420507_1710_2016 TESIS.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan analisis pendahuluan yang dilakukan di SDN 52 Parupuk Tabing dan SD Plus Marhamah Tabing diperoleh informasi bahwa pembelajaran belum sepenuhnya memberikan ruang kepada peserta didik untuk berkontribusi. Interaksi yang kurang antar peserta didik, kurangnya media dan alat peraga serta sumber belajar yang belum menfaslitasi peserta didik menyebabkan lemahnya kemampuan penalaran peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan suatu perangkat pembelajaran matematika berbasis realistic mathematics education yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik pada materi pengukuran dan bangun datar sederhana kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) dengan prinsip; (1) penemuan kembali secara terbimbing dan matematisasi progresif, (2) fenomenologi didaktik dan (3) pengembangan model sendiri. RME mempunyai karakteristik yaitu; (1) menggunakan masalah kontekstual, (2) menggunakan instrumen vertikal, (3) menggunakan kontribusi peserta didik, (4) proses pembelajaran yang interaktif, (5) terkait dengan topik lainnya. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan lembar pengamatan. Analisis data validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam kategori sangat valid dengan skor validitas RPP 3,45 dan LKPD 3,49. Pada analisis data praktikalitas, diperoleh bahwa perangkat pembelajaran matematika telah praktis dengan skor praktikalitas RPP 87,5% dan LKPD 82,21%. Perangkat pembelajaran sudah efektif berdasarkan pada hasil belajar dimana ketuntasannya adalah 76,19%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis RME yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | ”Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 14:45 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 14:45 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33621 |
