Peningkatan Keterampilan Menulis Berita melalui Pemodelan Siswa Kelas VIII A Pondok Pesantren Al – Khoir Kabupaten Padang Lawas

Siregar, Nurhayati (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Berita melalui Pemodelan Siswa Kelas VIII A Pondok Pesantren Al – Khoir Kabupaten Padang Lawas. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_NURHAYATI_SIREGAR_19254_2068_2013.pdf] Text
final_2_NURHAYATI_SIREGAR_19254_2068_2013.pdf

Download (219kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah keterampilan menulis berita siswa yang rendah, sehingga tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65 yang telah ditentukan. Dengan demikian, pembelajaran menulis berita belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses peningkatan pelaksanaan pembelajaran menulis berita melalui pemodelan pada siswa kelas VIII A Pondok Pesantren Al – Khoir Kabupaten Padanglawas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 23 siswa. Data kualitatif berupa tindakan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, dan wawancara kepada siswa. Data tentang pandangan siswa terhadap penggunaan teknik pemodelan dalam pembelajaran menulis berita dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dengan siswa. Data kualitatif diolah dengan teknik statistik deskriptif dan data kualitatif dengan teknik analisis data menurut model Miles dan Huberman. Temuan penelitian ini adalah penggunaan pemodelan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis berita. Hasil belajar pada prasiklus dengan nilai rata-rata 49,78, pada siklus I terdapat peningkatan, yaitu nilai rata-rata menjadi 64,73. Pada siklus II, terdapat peningkatan menjadi 74,60. Peningkatan tersebut mencakup semua indikator menulis berita. Peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran terlihat pada klasifikasi rata-rata cukup pada siklus I meningkat menjadi klasifikasi baik pada siklus II. Selain itu, persepsi siswa terhadap pembelajaran menulis berita melalui pemodelan menunjukkan hal yang positif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan , Keterampilan , Menulis , Berita
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 14:45
Last Modified: 21 Dec 2025 14:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33618

Actions (login required)

View Item
View Item