“Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Teknik Bermain Peran Siswa Kelas VIII-1 MTs Negeri 1 Padangsidimpuan

Harahap, M Safei (2012) “Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Teknik Bermain Peran Siswa Kelas VIII-1 MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_M_SAFEI_HARAHAP_19250_6818_2012.pdf] Text
final_2_M_SAFEI_HARAHAP_19250_6818_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan berbicara dengan menggunakan teknik bermain peran siswa kelas VIII-1 MTs Negeri 1 Padangsidimpuan belum memuaskan. Hal ini ditandai dengan rendahnya motivasi belajar serta hasil belajar sebagian siswa dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dari pengalaman selama ini, siswa masih mengalami kesulitan dalam keterampilan berbicara. Untuk itu dilakukan usaha perbaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui teknik bermain peran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan berbicara dan mendeskripsikan faktor-faktor penghambat dan penunjang keterampilan berbicara siswa kelas VIII-1 Mts Negeri 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara teratur yang terdiri atas empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 MTs Negeri 1 Padangsidimpuan dengan jumlah siswa 36 orang. Data penelitian diambil melalui tes dan nontes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa instrumen tes perbuatan yang berisi aspek-aspek kriteria penilaian kemampuan berbicara berupa penilaian kemampuan berbicara melalui teknik bermain peran. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, angket, dan dokumentasi foto. Data penelitian terdiri atas (1) data kualitatif (2) data kwantitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, disimpulkan melalui teknik bermain peran, kemampuan berbicara siswa kelas VIII-1 MTs Negeri 1 Padangsidimpuan meningkat sebesar 15% setelah mengikuti pembelajaran berbicara melalui teknik bermain peran. Hasil rata-rata tes berbicara pratindakan sebesar 58,11 dan pada siklus I diperoleh hasil rata-rata sebesar 63,22, kemudian pada siklus II diperoleh hasil rata-rata sebesar 71,33 atau meningkat sebesar 12,29% dari siklus I. Perilaku siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Padangsidimpuan setelah mengikuti pembelajaran berbicara dengan menggunakan teknik bermain peran mengalami perubahan ke arah positif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: “Peningkatan Keterampilan Berbicara, Teknik Bermain Peran Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 14:23
Last Modified: 21 Dec 2025 14:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33610

Actions (login required)

View Item
View Item