Kontribusi Sikap dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Pekanbaru

Zulhafizh, Zulhafizh (2013) Kontribusi Sikap dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_ZULHAFIZH_59889_1751_2013.pdf] Text
final_2_ZULHAFIZH_59889_1751_2013.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia setiap tahunnya pada ujian nasional. Selain itu, masih ada siswa yang tidak naik kelas tiap tahunnya dan sebagian siswa tidak mengikuti program remedial bagi yang belum tuntas sehingga berpengaruh kepada hasil belajar yang dicapainya. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis tentang sikap dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara (1) sikap belajar bahasa Indonesia dengan hasil belajar bahasa Indonesia, (2) motivasi belajar bahasa Indonesia dengan hasil belajar bahasa Indonesia, dan (3) sikap dan motivasi belajar bahasa Indonesia secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Objek penelitian siswa kelas X SMA Negeri 12 Pekanbaru dengan jumlah sampel penelitian 78 siswa. Objek penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik sampel proporsional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang sikap belajar bahasa Indonesia dan motivasi belajar bahasa Indonesia yaitu dengan menggunakan angket. Setiap butir pernyataan dan indikator untuk pengukuran sikap belajar bahasa Indonesia dan motivasi belajar bahasa Indonesia dihitung tingkat validas dan reliabilitasnya melalui metode korelasi Product Moment. Data untuk hasil belajar bahasa Indonesia diambil dari nilai semester 1 mata pelajaran bahasa Indonesia. Data penelitian yang terkumpul berbentuk data kuantitatif. Analisis data menggunakan teknik korelasi sederhana, korelasi parsial, dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap belajar bahasa Indonesia dengan hasil belajar bahasa Indonesia, yaitu rx1y = 0,260 dan rx1y 2 = 0,068 atau 6,8%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar bahasa Indonesia dengan hasil belajar bahasa Indonesia, yaitu rx2y = 0,234 dan rx2y 2 = 0,055 atau 5,5%, dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama sikap dan motivasi belajar bahasa Indonesia dengan hasil belajar bahasa Indonesia, yaitu Rx12y = 0,336 dan Rx12y 2 = 0,113 atau 11,3%

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Sikap dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 09:10
Last Modified: 21 Dec 2025 09:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33601

Actions (login required)

View Item
View Item