Fadil, As-syfa Rumaisya (2022) Pengaruh Model Examples Non Examples terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_AS-SYFA_RUMAISYA_FADIL_18016002_1110_2022.pdf [thumbnail of B1_01_AS-SYFA_RUMAISYA_FADIL_18016002_1110_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_AS-SYFA_RUMAISYA_FADIL_18016002_1110_2022.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan
menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Adabiah Padang sebelum
menggunakan model examples non examples. Kedua, mendeskripsikan
keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Adabiah Padang
sesudah menggunakan model examples non examples. Ketiga, mendeskripsikan
pengaruh model examples non examples terhadap keterampilan menulis teks
eksplanasi siswa kelas XI SMA Adabiah Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen.
Rancangan penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populsi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Adabiah Padang yang terdaftar
tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 208 orang. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 33 orang siswa yang diambil melalui teknik purposive sampling.
Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum dan
sesudah menggunakan model examples non examples siswa kelas XI SMA
Adabiah Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung,
dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks
eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran examples non
examples.
Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan
menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model examples non examples
siswa kelas XI SMA Adabiah Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan
rata-rata 56,94. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi sesudah
menggunakan model examples non examples siswa kelas XI SMA Adabiah
Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 75,88.
Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diteriman pada taraf signifikan
95% dan derajat kebebasan (dk) n=1 karena thitung>ttabel, yaitu (4,39>1,70).
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama,
keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model examples non
examples siswa kelas XI SMA Adabiah Padang berada pada kualifikasi Cukup
(C) dengan rata-rata 56,94. Kedua, keterampilan menulis teks eskplanasi sesudah
menggunakan model examples non examples siswa kelas XI SMA Adabiah
Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 75,88.
Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model examples non
examples terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA
Adabiah Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 09:35 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 09:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3360 |