Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X.1 SMA Negeri I Pekanbaru

Saily, Nurhasanah (2009) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X.1 SMA Negeri I Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_NURHASANAH_SAILY_82272_6599_2012.pdf] Text
final_3_NURHASANAH_SAILY_82272_6599_2012.pdf

Download (158kB)

Abstract

Kompetensi yang diharapkan dalam pembelajaran biologi menuntut siswa agar lebih maksimal dalam pembelajaran. Untuk itu diperlukan usaha yang sungguhsungguh baik dari guru maupun dari siswa. Strategi dan metode pembelajaran yang digunakan selama ini belum dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Usaha yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.I SMAN I Pekanbaru berjumlah 36 orang yang memperoleh pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan instrument berupa lembar observasi aktivitas siswa yang diisi oleh observer dan tes hasil belajar yang diberikan pada akhir setiap siklus. Data aktivitas siswa untuk setiap indikator yang diberikan dianalisis dengan teknik persentase. Peningkatan hasil belajar dilihat jumlah siswa yang tuntas dan nilai rata-rata tes hasil belajar yang diperoleh pada akhir setiap siklus. Hasil analisis data siklus I dan siklus II menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa untuk semua indikator dan aktivitas negatif mengalami penurunan 9% .Hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan. Jumlah siswa yang tuntas meningkat dari 61% menjadi 81% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat dari 68,4 pada siklus I menjadi 73,5% pada siklus II. Secara umum dapat disampaikan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe struktural numbered heads together dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Dec 2025 02:06
Last Modified: 24 Dec 2025 02:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33587

Actions (login required)

View Item
View Item