Rahmi, Novia (2016) Pengembangan Tes Diagnostik Bertingkat Tiga sebagai Instrumen untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Larutan Asam Basa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_NOVIA_RAHMI_14176025_6257_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan tes diagnostik bertingkat tiga yang valid dan praktis serta dapat mengidentifikasi miskonsepsi siswa. Tes diagnostik bertingkat tiga merupakan tes diagnostik yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi siswa melalui pilihan pada tingkat pertama yang menentukan pengetahuan faktual sedangkan pada tingkat kedua digunakan untuk mengetahui alasan dari jawaban pada tingkat pertama serta tingkat ketiga yang merupakan tingkat keyakinan siswa dengan dua pilihan, yaitu pilihan yakin atau tidak yakin. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Tes esai dan tes pilihan ganda beralasan bebas digunakan untuk pengembangan tes diagnostik bertingkat tiga. Tes diagnostik bertingkat tiga ini di validasi oleh tiga orang validator dan diujicobakan kepada 30 orang siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Padang. Hasil uji validitas tes diagnostik bertingkat tiga diperoleh nilai rata-rata moment kappa sebesar 0,86 dan berdasarkan hasil angket respon guru diperoleh nilai rata-rata moment kappa sebesar 0,89 serta berdasarkan angket respon siswa diperoleh nilai rata-rata moment kappa sebesar 0,84. Berdasarkan perolehan nilai rata-rata moment kappa dapat disimpulkan bahwa tes diagnostik yang dihasilkan sudah valid dan praktis digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi larutan asam basa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 01:59 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 01:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33569 |
