Srianti, Nova (2009) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw III di Kelas VIII. E SMP Negeri 1 Padang Panjang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_NOVA_SRIANTI_91616_5917_2012.pdf
Download (211kB)
Abstract
Kesulitan siswa dalam memahami pokok persamaan garis lurus disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah bentuk pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional. Guru lebih banyak mendominasi pembelajaran, sedangkan siswa cenderung hanya mendengar, mencatat definisi, rumus, contoh soal, dan mengerjakan latihan. Bentuk pembelajaran seperti ini kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Akibatnya, siswa hanya bekerja secara prosedural. Cara yang dianggap tepat untuk memperbaiki kondisi tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw III. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa melalui penerapan model kooperatif tipe jigsaw III dalam pembelajaran pokok bahasan persamaan garis lurus. Rumusan penelitian adalah apakah model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw III dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada pokok persamaan garis lurus?. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan di SMP Negeri 1 Padang Panjang Kota Padang Panjang Propinsi Sumatera Barat. Subjek penelitian adalah siswa kelas siswa kelas VIII.E SMP Negeri 1 Padang Panjang yang berjumlah 30 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat dari 43,33% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Perubahan aktivitas positif yang terjadi pada siswa sangat banyak diantaranya : siswa berani bertanya dan mengemukakan pendapatnya, mampu mengkomunikasikan pendapatnya dengan baik, saling memberikan perhatian terhadap penjelasan temannya untuk dapat memahami materi. Selain itu siswa sudah bekerjasama dengan baik dalam kelompok serta berusaha membantu teman yang mengalami kesulitan memahami penjelasan dari anggota ahli. Pembelajaran menjadi menyenangkan terbukti mereka betah berada di kelompoknya hal ini terlihat dari sedikit siswa yang meminta ijin keluar kelas dan tidak lagi melakukan aktivitas yang tidak berkaitan dengan pembelajaran. Mereka terbiasa mendengarkan pendapat orang lain dan bersifat lebih komunikatif. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pokok bahasan persamaan garis lurus melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw III dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII.E SMP Negeri 1 Padang Panjang.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 01:57 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 01:58 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33566 |
