Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X1 SMA Bunda Padang Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)

Arlianti, Nofyta (2011) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X1 SMA Bunda Padang Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_NOFYTA_ARLIANTI_51536_5497_2012.pdf] Text
final_3_NOFYTA_ARLIANTI_51536_5497_2012.pdf

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan hasil belajar matematika siswa kelas X1 SMA Bunda Pandang melalui pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Paradigma yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester satu tahun pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah 28 orang siswa yang berada di kelas X1 SMA Bunda Padang. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari empat langkah, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang akan digunakan sebagai dasar bagi perbaikan perencanaan pada siklus berikutnya. Pemerolehan data penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan instrumen tes dan lembar observasi yang terdiri dari data (i) aktivitas matematika siswa, dan (ii) hasil belajar matematika siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan dua cara, yakni: pertama, data yang berbentuk kuantitatif dianalisis dengan dinarasikan selanjutnya diberikan argumentasi. Kedua, data yang berbentuk kuantitatif dianalisis dengan statistik sesuai dengan yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dari siklus I dan siklus II. Aktivitas dan hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan, siswa yang tuntas belajar meningkat dari 57,14% pada siklus I ke 71,34 pada siklus II. Dengan kata lain, pada siklus I ada 16 orang siswa yang tuntas dari 28 orang siswa di kelas X1 dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ≥ 60), sedangakan pada siklus II ada 20 orang siswa yang tuntas dari 28 orang siswa. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat ditingkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas X1 SMA Bunda Padang.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Dec 2025 01:55
Last Modified: 24 Dec 2025 01:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33562

Actions (login required)

View Item
View Item