Using Vocabulary.com as a Material to Teach English Vocabulary at Senior High School

Aditya, Nofrival (2012) Using Vocabulary.com as a Material to Teach English Vocabulary at Senior High School. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_NOFRIVAL_ADITYA_04666_6090_2012.pdf] Text
final_3_NOFRIVAL_ADITYA_04666_6090_2012.pdf

Download (637kB)

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk memaparkan salah satu materi pengajaran
Vocabulary di Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan menggunakan situs
Vocabulary.com. Situs ini menyuguhkan fitur-fitur menarik dalam mempelajari
kosakata bahasa Inggris. Di awal pelajaran, guru menarik perhatian siswa untuk
belajar dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai penggunaan internet
bagi siswa terutama di bidang pendidikan. Selanjutnya, guru mengenalkan situs
Vocabulary.com dan mengajarkan siswa tentang fungsi serta cara-cara mendaftar
sebagai anggota di situs ini. Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
dan menunjuk seorang ketua pada setiap kelompok. Ketua kelompok mengatur
setiap anggotanya untuk menjalankan semua instruksi yang diberikan guru. Guru
menciptakan sebuah kompetisi dimana setiap kelompok diberikan tantangan untuk
mendaftarkan semua anggotanya ke dalam situs ini dan menjawab sepuluh
pertanyaan bagi setiap anggota. Kata-kata baru yang anggota dapatkan, dicatat
dalam buku catatan masing-masing. Kelompok yang menyelesaikan tantangan
dengan waktu tercepat keluar sebagai pemenang kompetisi. Dengan adanya
kompetisi ini, siswa akan lebih tertantang serta menganggap bahwa belajar kosa
kata bahasa Inggris itu tidak membosankan. Peran guru adalah memantau dan
menilai hasil kerja kelompok dan mendiskusikannya di akhir kompetisi. Di akhir
pelajaran, guru menyuruh siswa untuk menjawab pertanyaan serta melaporkan
kosa kata yang didapat di dalam situs di rumah secara individu. Tentu saja,
dengan menggunakan situs ini dalam pengajaran bahasa Inggris, siswa akan lebih
termotivasi dan menghilangkan anggapan bahwa belajar kosakata bahasa Inggris
itu membosankan dan sulit. Guru juga akan terbantu dalam menciptakan suasana
belajar yang lebih menarik dengan pelaksanaan kompetisi kecil di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Dec 2025 01:30
Last Modified: 24 Dec 2025 01:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33560

Actions (login required)

View Item
View Item