Pengembangan Media Pembelajaran Kimia pada Materi Larutan Asam, Basa dan Garam

Elfina, Nofi (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Kimia pada Materi Larutan Asam, Basa dan Garam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_NOFI_ELFINA_1209104_5129_2015.pdf] Text
final_3_NOFI_ELFINA_1209104_5129_2015.pdf

Download (337kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
komputer dengan model laboratorium virtual yang valid, praktis dan efektif.
Materi asam, basa dan garam adalah standar kompetensi yang harus dikuasai oleh
siswa kelas X di SMKN 1 Pekanbaru Program Usaha Perjalanan Wisata. Siswa
harus mendapatkan pengalaman belajar secara langsung dalam bentuk
keterampilan dalam melakukan percobaan., ini dapat difasilitasi melalui
penggunaan media pembelajaran komputer dengan model laboratorium virtual
menggunakan program Microsoft powerpoint.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model dan prosedur
pengembangan menggunakan 4-D (Four Models) terdiri dari tahap define, design,
develop, dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis kurikulum dan
analisis siswa, pada tahap design dilakukan perancangan media pembelajaran
komputer model laboratorium virtual. Pada tahap develop dilakukan validasi dan
ujicoba terbatas pada SMKN 1 Pekanbaru kelas X UPW, untuk mengetahui
praktikalitas dan efektifitas media pembelajaran komputer dengan model
laboratorium virtual yang dikembangkan. Tahap disseminate tidak dilakukan.
Data yang diperoleh untuk menentukan kevalidan media pembelajaran komputer
model laboratorium virtual berasal dari angket validasi. Data untuk menentukan
praktikalitas diperoleh dari angket praktikalitas guru dan siswa. Data efektifitas
diperoleh dari hasil belajar siswa.
Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran komputer
model laboratorium virtual pada materi asam, basa dan garam sangat valid, sangat
praktis dan sangat efektif. Rata –rata validitas media 91,25 , praktikalitas media
dari angket praktikalitas untuk guru rata-rata 93,94 dan siswa pada ujicoba kecil
93,71, pada ujicoba besar 94,66. Media pembelajaran ini sangat efektif, ini dapat
dilihat dari hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai 85,78 dan persentase siswa
yang tuntas 86,84%.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Dec 2025 01:30
Last Modified: 24 Dec 2025 01:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33558

Actions (login required)

View Item
View Item