Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMK Nasional Padang

Oktavia, Reny (2015) Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMK Nasional Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RENY_OKTAVIA_1100192_4082_2015.pdf] Text
final_B1_1_RENY_OKTAVIA_1100192_4082_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis di SMK Nasional Padang yang menunjukkan kurangnya penguasaan kompetensi pedagogik oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kompetensi pedagogik guru di SMK Nasional Padang dalam 1) menguasai karakteristik peserta didik, 2) menguasai prinsip-prinsip pembelajaran, 3) menyelenggarakan pembelajaran, 4) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, 5) memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik, 6) berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun, 7) memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMK Nasional Padang yang berjumlah 131 orang. Sampel ditetapkan sebanyak 97 orang.dengan mengunakan Tabel Krejcie dan Morgan. Alat pengumpulan data adalah angket dengan model Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Angket dinyatakan valid dengan r hasil=0,839 dengan rho table=0,648 pada taraf kepercayaan 95% dan reliabel dengan r hasil=0,741 pada taraf kepercayaan 95% dengan r tabel 0,632. Data diolah dengan menggunakan rumus rata-rata (Mean) yang dipersentasekan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru di SMK Nasional Padang dalam 1) menguasai karakteristik peserta didik, berada pada kategori cukup dengan tingkat capaian 78% 2) menguasai prinsip-prinsip pembelajaran, berada pada kategori cukup, dengan tingkat capaian 71%, 3) menyelenggarakan pembelajaran, berada pada kategori cukup dengan tingkat capaian 73%, 4) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi,berada pada kategori cukup dengan tingkat capaian 69%, 5) memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik, berada pada kategori cukupdengan tingkat capaian 70%, 6) berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun, berada pada kategori cukup dengan tingkat capaian 70%, 7) memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi berada pada kategori cukup dengan tingkat capaian 77%. Secara keseluruhan, kompetensi pedagogik guru di SMK Nasional Padang berada pada kategori cukup dengan rata-rata tingkat capaian 71%

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 01:28
Last Modified: 24 Dec 2025 01:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33551

Actions (login required)

View Item
View Item