Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Hidrolisis Garam di Kelas XI IPA1 dan Kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Batusangkar

Evo, Nevinda (2013) Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Hidrolisis Garam di Kelas XI IPA1 dan Kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Batusangkar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_NEVINDA_EVO_19936_2677_2013.pdf] Text
final_3_NEVINDA_EVO_19936_2677_2013.pdf

Download (459kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari sulitnya pemahaman konsep siswa pada materi
Hidrolisis Garam. Hal ini terlihat pada nilai harian siswa yang berada di bawah
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga perlu melaksanakan analisis
pemahaman konsep siswa dan mengatasinya melalui pelaksanaan pembelajaran di
kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa dan
konsep-konsep apa saja yang menyebabkan miskonsepsi siswa terhadap konsepkonsep dalam materi Hidrolisis Garam yang diperoleh dari hasil tes diagnostik
bertingkat dua di SMA Negeri 1 Batusangkar serta mendeskripsikan proses
pembelajarannya (pelaksanaan dan penilaian) berdasarkan Permendiknas No 41
tahun 2007.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Deskriptif. Subjek
penelitian adalah guru Kimia dan siswa. Dipilihnya kelas XI IPA1 dan kelas
XI IPA3 karena telah mewakili kelompok siswa yang berkemampuan tinggi dan
kemampuan rendah dan dibimbing oleh guru Kimia yang sama. Objek penelitian
adalah pemahaman konsep siswa dan proses pembelajaran pada materi Hidrolisis
Garam. Mengidentifikasi pemahaman konsep siswa (paham, tidak paham dan
miskonsepsi) digunakan tes diagnostik bertingkat dua yang diberikan setelah
melewati proses pembelajaran.
Temuan penelitian menunjukan siswa di kelas XI IPA1 lebih banyak yang
mengalami miskonsepsi sedangkan siswa di kelas XI IPA3 lebih banyak yang
mengalami tidak paham. Miskonsepsi dan tidak paham ditemukan pada semua
konsep pada materi Hidrolisis Garam dengan persentase yang berbeda-beda.
Konsep prasyarat (konsep Asam-Basa menurut Bronsted Lowry, penentuan Sifat
Asam-Basa dan konsep Asam-Basa menurut Arhenius) merupakan konsep-konsep
yang menyebabkan miskonsepsi siswa terhadap konsep-konsep pada materi
Hidrolisis Garam. Penilaian hasil pembelajaran berupa ulangan harian untuk
mengukur aspek kognitif siswa mestinya melibatkan penilaian afektif dan
psikomotor.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Dec 2025 01:26
Last Modified: 24 Dec 2025 01:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33542

Actions (login required)

View Item
View Item