Pengembangan Media Pembelajaran Berorientasi Chemistry Triangle Pada Materi Larutan Asam Basa Kelas XI SMK

Harni, Nenti (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Berorientasi Chemistry Triangle Pada Materi Larutan Asam Basa Kelas XI SMK. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_NENTI_HARNI_1204243_2699_2015.pdf] Text
final_3_NENTI_HARNI_1204243_2699_2015.pdf

Download (361kB)

Abstract

Belajar kimia meliputi tiga level, yaitu level makroskopis, submikroskopis,
dan simbolik. Tetapi siswa sulit mempelajari kimia secara utuh. Untuk memahami
pelajaran secara utuh, diperlukan suatu alat bantu dalam pembelajaran berupa
media pembelajaran yang berorientasi chemistry triangle. Penelitian ini bertujuan
mengembangkan media pembelajaran materi larutan asam basa yang berorientasi
chemistry triangle, serta mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas media
pembelajaran berorientasi chemistry triangle yang dihasilkan. Penelitian
dilakukan SMK Negeri 10 Padang.
Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian diawali
dengan kegiatan analisis kurikulum dan kebutuhan, kemudian dilanjutkan dengan
desain media pembelajaran. Media yang telah selesai dibuat berupa multimedia
dan LKS divalidasi oleh validator, untuk kemudian diimplementasikan di kelas.
Pada penelitian dilakukan evaluasi dan revisi yang bertujuan untuk kesempurnaan
media yang dihasilkan.
Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran berorientasi
chemistry triangle yang telah dibuat berada pada kategori valid yaitu sebesar
0,875 dari aspek bahasa; 0,84 dari aspek isi; dan 0,875 dari aspek tampilan. LKS
berada pada kategori valid yaitu sebesar 0,85 dari aspek bahasa dan 0,82 dari
aspek tampilan. Hasil uji coba di lapangan menunjukkan bahwa rata-rata
kepraktisan produk bagi siswa sangat tinggi, yaitu sebesar 85,28%. Bagi guru
media pembelajaran sangat praktis yaitu diperoleh angka sebesar 0,875. Dari hasil
observasi aktivitas siswa, diperoleh bahwa aktivitas positif siswa lebih tinggi
dibandingkan aktivitas negatif siswa. Media pembelajaran yang telah
dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dilihat dari
persentase ketuntasan belajar siswa yaitu sebesar 72%. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dan LKS yang
berorientasi chemistry triangle valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Dec 2025 01:26
Last Modified: 24 Dec 2025 01:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33539

Actions (login required)

View Item
View Item